Nasional

PEVS 2024 Resmi Dibuka, PLN Tampilkan Kesiapan Ekosistem EV di Indonesia

maksum.afnani1973
×

PEVS 2024 Resmi Dibuka, PLN Tampilkan Kesiapan Ekosistem EV di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Img 20240430 Wa0061

Jakarta || Transisinews – 30 April 2024. Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko resmi membuka Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang digelar di JIEXPO Kemayoran, Jakarta pada Selasa (30/4). Dalam pameran kendaraan listrik yang digelar hingga 5 Mei 2024 ini diharapkan mampu meyakinkan masyarakat untuk beralih dari kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan listrik atau _electric vehicle_ (EV).

Moeldoko menjelaskan, gelaran PEVS ke-3 ini menjadi bagian sosialisasi untuk mempercepat pengembangan kendaraan listrik di tanah air. Hal ini selaras dengan program Pemerintah yang dituangkan melalui Peraturan Presiden No 79 tahun 2023 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam upaya mensosialisasikan Keputusan Presiden Nomor 79 sebagai revisi dari Keputusan Presiden Nomor 55 dalam pengembangan EV Indonesia. Untuk itu, Periklindo tampil terdepan dalam melakukan sosialisasi (kendaraan listrik). Kedua, dalam memberikan edukasi sehingga literasi tentang EV semakin hari semakin dipahami secara meluas oleh masyarakat Indonesia,” ujar Moeldoko.

Moeldoko meyakini gelaran PEVS 2024 menjadi wadah efektif untuk mempertemukan produsen dan konsumen serta menjadi _showcase_ bagi para _stakeholder_ seperti PLN untuk menampilkan kesiapan infrastruktur EV di tanah air. Selain itu, dalam PEVS 2024 kata Moeldoko, menjadi ajang edukasi kendaraan listrik bagi masyarakat agar literasi tentang EV semakin meluas di Indonesia.

Moeldoko menyebut dalam pameran EV terbesar di Asia Tenggara ini diikuti 116 peserta, yang terdiri dari produsen kendaraan roda empat, produsen roda dua, serta perusahaan pendukung ekosistem EV.

“Sehingga untuk membangun ekosistem akan lebih mudah karena di sini mereka berkumpul, di sini mereka saling melengkapi, ada PLN sebagai penyedia elektriknya,” lanjut Moeldoko.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *