Pemerintahan

Pj Bupati Bojonegoro Tekankan Jaga Harga Pangan di Masyarakat, Antisipasi Inflasi

syailendraachmad51
×

Pj Bupati Bojonegoro Tekankan Jaga Harga Pangan di Masyarakat, Antisipasi Inflasi

Sebarkan artikel ini
Nq3k2e0taxbkh4lz

BOJONEGORO || TRANSISI NEWS  – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengikuti zoom meeting dengan Kemendagri RI, Senin (15/1/2024) di Ruang Batik Madrim. Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan Rapat Evaluasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bojonegoro.

 

Direktur Statistik Harga, Badan Pusat Statistik (BPS), Pusat Windhiarso Putranto memaparkan terkait inflasi Indeks Perkembangan Harga (IPH) minggu ke-2 Januari 2024. Menurut dia, IPH adalah proksi inflasi pangan yang bisa berguna sebagai petunjuk terkait inflasi. Rakor ini juga sebagai salah satu langkah antisipasi menghadapi inflasi.

 

“Di Januari, berdasarkan histori data BPS selalu terjadi inflasi. Namun inflasi pada Januari 2024 cenderung relatif rendah daripada Desember 2023. Faktornya, ada komoditas yang berkurang konsumsinya sehingga permintaan tidak terlalu besar,” jelasnya.

 

Komoditas yang ikut menjadi penyumbang inflasi, di antaranya ialah komoditas pangan seperti bawang merah, cabe merah, tempe, daging, minyak goreng dan sebagainya. Data ini menjadi petunjuk sehingga bisa dilakukan antisipasi.

 

Selanjutnya dalam Rapat Evaluasi TPID, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto menegaskan perlunya menyatukan koordinasi dalam memastikan harga bahan pokok agar tidak mengalami kenaikan signifikan. Bahkan, kalau bisa, harga lebih bisa dijangkau masyarakat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *