Pemerintahan

Pemkab Bojonegoro Canangkan Imunisasi Polio Ulang Serentak, Pj Bupati: Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

syailendraachmad51
×

Pemkab Bojonegoro Canangkan Imunisasi Polio Ulang Serentak, Pj Bupati: Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Sebarkan artikel ini
Mge3njtwhkbnx1z4

BOJONEGORO || TRANSISI NEWS  – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan Pencanangan Imunisasi Polio Ulang Serentak (Sub Pekan Imunisasi Nasional/ Sub Pin Polio) yang dilakukan di Puskesmas Malo, Selasa (16/1/2024). Sebanyak 50 sasaran imunisasi hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Dalam sambutanya, Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto menuturkan kegiatan ini merupakan langkah untuk mencegah sekaligus penanggulangan munculnya kasus-kasus penyakit akibat ketiadaan dan minimnya aspek kekebalan tubuh. Yakni khususnya bagi kelompok rentan seperti balita dan anak-anak yang tidak atau belum lengkap pemberian imunisasi khusus imunisasi Polio.

 

“Salah satu tujuan pelaksanaan imunisasi polio ulang serentak adalah memutus rantai penularan penyakit polio. Polio merupakan salah satu penyakit infeksi virus polio yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan kelumpuhan seumur hidup dan cacat permanen, bahkan menimbulkan kematian,” jelasnya.

 

Munculnya penyakit Polio, lanjut Pj Bupati, sebenarnya dapat dicegah melalui pemberian kekebalan dari Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) misalnya Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Polio dan Campak.

 

Pj Bupati menyitir petuah bijak bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan upaya mencegah berarti berusaha menjaga kesehatan. Selalu sehat berarti produktivitas akan meningkat yang pada akhirnya dapat menjalani aktivitas hidup dengan nikmat.

 

“Upaya penanggulangan penyakit polio bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *