Pemerintahan

Pj Bupati Bojonegoro Dorong Inovasi Tingkat Desa, Beri Dampak Lebih Besar untuk Kesejahteraan Warga 

syailendraachmad51
×

Pj Bupati Bojonegoro Dorong Inovasi Tingkat Desa, Beri Dampak Lebih Besar untuk Kesejahteraan Warga 

Sebarkan artikel ini
Jkwwak3ni1fqi92a

BOJONEGORO || TRANSISI NEWS – Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto mengajak para kepala desa untuk terus menciptakan inovasi di lingkup desanya masing-masing. Ini sejalan dengan tujuan sinergi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah. Inovasi tingkat desa akan bisa memberi dampak yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Penegasan ini disampaikan Pj Bupati Adriyanto dalam Rapat Koordinasi dan Silaturrohim dengan Desa/Kelurahan di Bojonegoro Zona 4 yang digelar di Balai Desa Temayang, Kecamatan Temayang Rabu (20/3/2024). Menurut Pj Bupati, program Pemkab cukup banyak, sehingga pemerintah desa perlu merealisasikan di lingkup desanya masing-masing. “Pemerintah desa ini yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, jadi memberikan dampak yang lebih besar,” terangnya.

 

Lebih lanjut, Pj Bupati menjelaskan masalah yang terjadi dan dihadapi secara nasional saat ini terkait kemiskinan, stunting dan inflasi. Ini memerlukan peran dari pemerintah desa untuk membantu warga, khususnya yang masuk Data Miskin Daerah (Damisda). “Pemerintah Kabupaten akan mendukung melalui BKK. Gunakan dan buatlah tata kelola secara baik,” tegasnya.

 

Pj Bupati mencontohkan inovasi yang dapat dilakukan Pemdes antara lain dengan mendorong BUM Desa yang dimiliki untuk bergerak di bidang unit usaha yang mendukung ketahanan pangan. Diantaranya mendirikan unit usaha peternakan semisal ayam petelur. Pj Bupati juga mengajak semua kades turut mendorong warganya untuk menggiatkan gerakan pemanfaatan pekarangan di masing-masing rumah untuk ditanami sayuran. Hal ini seiring pantauan di bulan Ramadhan dan jelang Ramadhan harga kebutuhan pokok khususnya tomat yang naik signifikan.

 

Selain itu, lanjut Pj Bupati, Pemkab Bojonegoro mempunyai beberapa program prioritas. Diantaranya mengurangi angka kemiskinan, mengurangi angka stunting, terjaganya angka inflasi, tanggap bencana, meningkatkan mutu pendidikan, peningkatan investasi, UMKM dan wisata.

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah menjelaskan program prioritas pemkab ini membutuhkan sinergi semua pihak secara menyeluruh. Yakni dari tingkat pemkab hingga pemdes. “Di P-APBD 2024 sudah dilaksanakan program Domba Kesejahteraan yang diperuntukkan bagi warga yang masuk Damisda,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *