Pemerintahan

Pemkab Bojonegoro Ajak Warga Kenali Penyakit Jantung Bawaan dan Cara Menanganinya dengan Tepat

syailendraachmad51
×

Pemkab Bojonegoro Ajak Warga Kenali Penyakit Jantung Bawaan dan Cara Menanganinya dengan Tepat

Sebarkan artikel ini
Ed2xdacy6oez7p1z

BOJONEGORO || TRANSISI NEWS – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama RSUD Sosodoro Djatikoesoemo mengajak masyarakat untuk mengenali penyakit jantung bawaan dan cara menanganinya. Ajakan ini disampaikan lewat program siar  Sapa! Malowopati FM edisi Rabu (07/02/2024) yang dipandu oleh penyiar Lia Yunita. Program siar ini menghadirkan narasumber dr. Hari Yudha Afrianto, Sp.JP(K)FIHA.

Dalam penjelasannya, dr. Hari menuturkan penyakit jantung bawaan adalah kondisi di mana ada kelainan pada organ, struktur, atau fungsi jantung pada bayi sejak dalam kandungan. Kondisi ini kemudian menyebabkan ketidaknormalan fungsi jantung setelah lahir.  Penyakit jantung bawaan menjadi dua jenis utama: sianotik dan asianotik.

“Penyakit jantung bawaan sianotik ditandai dengan perubahan warna pada ujung kuku, dan bibir bayi yang menjadi kebiruan. Sementara penyakit jantung bawaan asianotik tidak menampakkan gejala yang jelas pada awalnya, namun seiring bertambahnya usia, lubang di jantung dapat membesar dan tekanan di paru-paru meningkat,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr Hari menuturkan bayi dengan penyakit jantung bawaan asianotik mungkin mengalami sesak napas atau kesulitan bernapas setelah menyusui selama 5-10 menit. Karena kurangnya oksigen dan waktu yang lebih lama untuk merasa kenyang.

Penyebab penyakit jantung bawaan cukup beragam. Penyebab pastinya belum sepenuhnya diketahui. Namun, ada faktor risiko yang dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya penyakit jantung bawaan pada bayi. Beberapa faktor tersebut meliputi faktor genetik, lingkungan, dan faktor ibu selama kehamilan. “Beberapa literatur menerangkan bahwa ibu yang diabet bisa berisiko melahirkan kecacatan pada anaknya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *