Nasional

Program Air Bersih PLN Dukung Tata Kelola Air Berkelanjutan, Manfaat Dirasakan Warga di Berbagai Daerah

maksum.afnani1973
×

Program Air Bersih PLN Dukung Tata Kelola Air Berkelanjutan, Manfaat Dirasakan Warga di Berbagai Daerah

Sebarkan artikel ini
Img 20240525 154528

Jakarta || Transisinews – 25 Mei 2024 – PT PLN (Persero) berkomitmen dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) penyediaan air bersih di tahun 2024. Upaya ini berhasil menjangkau sebanyak 7.500 penerima manfaat tersebar di beberapa wilayah Indonesia dan sejalan dengan semangat pemerintah menjaga tata kelola air berkelanjutan yang digaungkan pada World Water Forum (WWF) di Bali.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan program TJSL ini mencakup berbagai aspek penting yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat serta mendukung ketahanan pangan.

Beberapa fokus utama dari program ini adalah pipanisasi, penyediaan sumur bor dan _water torent_, pipa distribusi untuk kebutuhan air bersih di desa-desa, serta peningkatan layanan jaringan irigasi.

“Penyediaan sarana air bersih adalah salah satu bentuk kepedulian PLN terhadap kesejahteraan masyarakat. Kami menyadari bahwa air bersih adalah kebutuhan dasar yang harus terpenuhi. Melalui program TJSL ini, kami berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Saat ini PLN juga telah menggandeng TNI AD dalam penyediaan air bersih dan sanitasi. Pada 2023, PLN dan TNI AD telah menyelesaikan pembangunan 56 infrastruktur air bersih. Di tahun 2024 ini, PLN bersama TNI AD menyasar sebanyak 50 titik baru penyediaan air bersih melalui program Manunggal Air.

“Program Manunggal ini dirancang untuk menjawab kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih, terutama di wilayah yang sulit dijangkau dan memiliki akses terbatas terhadap sumber daya air. Tahun lalu, program ini telah menunjukkan hasil yang signifikan, sehingga kolaborasi ini perlu dilanjutkan lagi pada lokasi tersebar di tanah air,” ungkap Darmawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *