EdukasiPeristiwa

Sedekah Bumi di Desa Kesongo Kecamatan Kedungadem, Wujud Penanaman Rasa Syukur Masyarakat Melalui Tradisi

syailendraachmad51
×

Sedekah Bumi di Desa Kesongo Kecamatan Kedungadem, Wujud Penanaman Rasa Syukur Masyarakat Melalui Tradisi

Sebarkan artikel ini
Png 20240525 193238 0000 Copy 512x384

BOJONEGORO||TRANSISI NEWS – Sedekah Bumi adalah tradisi yang memiliki akar dalam budaya Jawa dan unsur kepercayaan lokal.

Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Maha Kuasa karena telah memberikan bumi tempat kita berpijak dengan segala rezeki berupa hasil bumi untuk keberlangsungan hidup manusia.

Masyarakat Desa Kesongo, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, menggelar tradisi sedekah bumi.

Sedekah bumi yang digelar di rumah Kepala Desa dan Pundi Agung desa setempat tersebut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Img 20240525 Wa0221 Copy 512x337
Foto Kades, bersama Pemdes dan bhabinkamtibmas juga babinsa.

 

Tradisi yang sudah turun temurun tersebut dikemas dengan kegiatan hari Jum’at malam (24/5/2024) pagelaran wayang kulit semalam suntuk dilanjutkan sampai Sabtu (25/5/2024), kirab budaya serta kenduri akbar dan langen tayub.

 

Kepala Desa Kesongo Kusnadi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, karena acara Sedekah Bumi dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

 

“Semoga ke depan warga Desa Kesongo bisa semakin kreatif dan kompak, yang paling utama adalah warga tetap rukun dan guyub,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *