EdukasiNasionalPeristiwa

Sebanyak 8 Gunungan Dan 1001 Berkat Ramaikan Puncak Grebeg Suro Desa Malo

terasbjn
×

Sebanyak 8 Gunungan Dan 1001 Berkat Ramaikan Puncak Grebeg Suro Desa Malo

Sebarkan artikel ini
Img 20230812 Wa0042

BOJONEGORO || TRANSISINEWS – Sebanyak 8 gunungan hasil bumi diarak oleh warga dari Balai Desa Malo, Kecamatan Malo menuju Lapangan Desa Setempat, Itu dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas hasil bumi dan air yang melimpah ruah.

Ratusan warga Masyarakat Desa Malo Kecamatan Malo mengarak gunungan hasil bumi yang berisi sayuran, buah-buahan, maupun jajanan pasar. Mereka terlihat begitu bersemangat memikul setiap gunungan hasil bumi. Diketahui ada sekitar 8 gunungan, 8 gunungan Itu hasil dari Warga Di 6 Rw, 1 Gunungan Dari Kasepuhan Adat Desa Malo, Dan 1 Gunungan Dari Pemdes Malo.

Mereka mengarak dengan penuh semangat sambil diiringi Drum Band Dari Siswa siswi SD Setempat, sehingga suasananya makin meriah. Sampai di lokasi, hasil gunungan jadi rebutan warga.

IMG-20230812-WA0045

“Ada 8 gunungan dan Berkat 1001 hasil dari Masakan Seluruh Warga Di desa Malo, dan untuk Rute sendiri kita mulai dari Balai Desa Malo – Lumbung Kamulyan – Pertigaan Desa Malo – Kantor Kecamatan Malo dan mengambil Finish di lapangan Desa Malo dilanjutkan bancaan 1001 berkat dan untuk malam hari di lanjutkan Rebutan gunungan kemudian di sambung pengajian umum dan Sholawat, Ujar Sujito Selaku Kades Malo.

Ditambahkan oleh Sujito bahwasannya Acara Grebeg Suro ini sepenuhnya di laksanakan oleh Pemerintah Desa Malo dan Di ikuti oleh seluruh warga Desa Malo.

“Acara Grebek Suro ini Sepenuhnya di laksanakan oleh Pemdes Malo dan Allhamdulillah ini Grebeg Suro yang ke 7 dengan Harapan adanya kegiatan grebeg suro ini masyarakat semakin guyub rukun dan kompak, Tambahnya.

IMG_20230812_122252

Ditempat yang sama, Faris Alfian Adiputra selaku Ketua Panitia Pelaksana Mengatakan Bahwa acara Grebek suro ini selalu di nanti oleh Warga Desa Malo dan Desa Lainnya Karena Kemeriahannya Bahkan terkadang di nanti oleh Warga Masyarakat dari Kabupaten Lain.

Selain itu juga Surono Selaku Ketua Adat Desa Malo Mengatakan ” Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Desa dan Seluruh warga Masyarakat desa malo, Dalam Menjaga dan Melestarikan Adat istiadat dan Budaya di Desa Malo Pada Bulan Suro ini sehingga Kegiatan yang ke Tujuh Kalinya ini bisa terlaksana dengan Baik, Katanya.

Sekedar Informasi bahwasannya Grebeg suro ini merupakan Rangkaian Acara Puncak Adat istiadat dan budaya warga masyarakat Desa Malo di bulan Suro yang sebelumnya di laksanakan Kegiatan Bojo kendit, Ziarah Leluhur di Punden Desa, Ngubengi Desa bagi pra Pemerintah Desa, Tahtimul Qur’an dan Tahlil serentak di seluruh tempat Ibadah yang ada di Desa Malo.

Selain itu juga Kegiatan kegiatan lainnya seperti Nguras 3 Sendang Yang ada Di Malo yaitu Sendang Kaputren Mbah Buyut Demi, Sendang Wedoro, Sendang Welas Asih Mbok rondo Sugeh dan Kerja Bhakti Di makam, Sedekah Bumi (manganan) juga menjadi rentetan Sedekah Bumi Desa Malo.

GONDRONG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *