oleh

Dr. Jerry Sambuaga Buka Pameran Lukisan dan Peragaan Busana Nusantara

TransisiNews.com- Pembukaan acara pameran lukisan bertema “Color Enthusiasm 2020 dan Pameran Busana dengan tema Bangga Berbusana Nusantara”, dibuka Wakil Menteri Perdagangan RI Dr. Jerry Sambuaga, dan dihadiri Duta Besar negara sahabat dari Maroko, Tunisia, Vénézuéla serta tamu VIP lainnya di Defontain Menteng, Jakarta.

Pameran yang memamerkan karya-karya pelukis Gigin Ginanjar, I Ketut Sugantika (Lekung), Nyoman Budiarta & Prajna Paramita berlangsung dari
tgl. 16 – 24/12/2019 ini merupakan kerjasama Yulindra Galleri dan Defontain Menteng.

Menorehkan tandatangannya di atas kanvas, Wamen diikuti oleh tamu-tamu melihat karya Lukis, dilanjutkan melihat unit display dari Defontein Menteng.

Keseluruhan acara yg diselenggarakan Ladies International Program yang diketuai Ibu Yulie Nasution Grillon, sebagai Ketua Umum LIP, juga memberi edukasi kepada hadirin tentang pengetahuan.

Mengenal kain Nusantara seperti batik, songket, tenun ikat dan lain sebagainya oleh Ibu Neneng Raharja, dan Ibu Nunnun Darajatun dari Perhimpunan Kebayaku.

Tujuan acara yang sebagian besar dihadiri oleh kaum perempuan ini salah satunya adalah berkaitan peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember nanti.

Ibu Yulie Nasution Grillon disinggung  tentang Hari Ibu? “Masyarakat harus memahami bahwa ibu adalah tonggak keluarga, dan budaya dibangun dimulai dari rumah oleh seorang ibu”. Selain itu, tujuan lainnya bagaimana masyarakat dapat memahami budaya adalah upaya untuk membangkitkan kesadaran bangsa agar semakin bangga dengan warisan dan tradisi leluhurnya”, jelasnya semangat dan tepuk tangan hadirin.

MC Astrid Esther, biasa disapa Queen Astrid yg memandu acara itu dilanjutkan dengan peragaan busana Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. Para peraga dari Pamela Joe by Eni Joesoef, juga melibatkan tamu undangan, mendapat penilaian dari desainer Adjie Notonegoro tampak meriah dan bernuansa agung meskipun diadakan di ruangan relatif kecil, karena dihadiri oleh beberapa public figure seperti Ghea Panggabean dan Musa Widyatmodjo.

Secara umum, acara yang diketuai oleh Devita Rusdy ini berjalan semarak dan mempunyai kesan bagi yang menghadirinya.

Indonesia kaya warisan budaya, pantas kegiatan seni dan budaya disemarakkan serta sudah seharusnya mempunyai orientasi ke depan menjadikan budaya nasional sebagai komoditas.

“Indonesian Legacy harus menjadi unggulan dalam mata dagang ke depan, dan Kementerian Perdagangan akan memayungi kegiatan-kegiatan seperti ini dalam upaya melakukan preserve atau konservasi budaya bangsa, untuk membangun kemandirian bangsa melalui komoditas budayanya”, pungkas Wakil Menteri Perdagangan RI Dr Jerry Sambuaga saat keluar gedung Defontein menuju kendaraanya.

Rulli – Roni Prayogi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed