Rab. Okt 9th, 2019

transisinews.com

Membangun Persatuan Bangsa

KOMANDAN PASMAR 3 HADIRI UPACARA ADAT SUKU MOI

2 min read

TRANSISI PAPUA BARAT,- Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos.,M.M., menghadiri upacara adat suku moi, dalam rangka pelaksanaan kerja sama penyelenggaraan konservasi in situ tumbuhan dan satwa liar dilindungi di Provinsi Papua Barat, antara Balai Besar KSDA Papua Barat dengan PT. Pertamina RU VIII Kasim dan PT. Petrogas Basin Limited berupa bangunan infrastruktur di dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sorong, bertempat di Jl. Sorong-Klamono Km.14, Kel. Klablim, Distrik Klaurung, Kab. Sorong, Papua Barat. Selasa (08/10/2019).

Upacara adat yang dipimpin oleh Asisten III Setda Kab. Sorong Klaas Osok, S.Sos., M.Si., dan diikuti oleh sekitar 85 orang tersebut, sebagai wujud penghormatan terhadap keberadaan adat dan budaya masyarakat Papua Barat.


Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KBB KSDA) Papua Barat Ir. R. Basar Manulang, M.M., menyampaikan bahwa konservasi dan budaya keduanya saling terkait, era baru pembangunan konservasi saat ini adalah menjadikan manusia dan budaya sebagai subyeknya sehingga dalam pembangunan konservasi  kedepan harus melibatkan masyarakat serta memberikan penghormatan terhadap budaya masyarakat sekitar kawasan hutan.

Kegiatan ini tidak lepas dari upaya Balai Besar KSDA Papua Barat dalam pengembangan Taman Wisata Alam (TWA) Sorong sebagai destinasi wisata di Papua Barat khususnya di Sorong Raya dengan  melakukan penyelenggaraan konservasi In Situ  tumbuhan dan satwa liar dilindungi. Rencananya akan mulai dilakukan pembangunan kandang sanctuary, kandang habituasi, klinik, dan karantina hewan, gudang pakan hewan, jalan tracking untuk pengunjung, gapura dan gazebo edukasi oleh PT. Pertamina RU VIII Kasim.

“Kami juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung proses pengembangan TWA Sorong ini, untuk menjadi destinasi wisata konservasi berkelas Internasional baik dalam penyadartahuan, infrastruktur, pengamanan pendukungnya, tataran dalam penyediaan mekanisme kerjasama sesuai peraturan perundang-undangan”, tegasnya di akhir sambutan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat Ir. R. Basar Manulang, M.M., Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M., Kadispotmar Koarmada III, Kadispotmar Lantamal XIV, Dandenkesyah 04.01 Rem 181/PVT, Plh Kasdim 1802/Sorong, Kepala Karantina Kota Sorong, GM PT. Pertamina RU VIII Kasim, Ketua LMA Malamoi, dan Ketua Adat Suku Moi serta masyarakat sekitar kawasan TWA.( Gum)

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *