Sel. Nov 12th, 2019

transisinews.com

Membangun Persatuan Bangsa

Direktur LBH:” Siap Kawal Tim Bentukan Pengadilan Tinggi Agama Medan”

2 min read

TRANSISI SUMUT,- Pengadilan Tinggi Agama Medan telah memanggil pelapor terkait dugaan perbuatan pelanggaran kode etik dari Majelis Hakim Pengadilan Agama Medan yang mengadili diluar kewenangan wilayah Hukumnya, Selasa,(27/8/2019).

Diketahui dalam perkara perdata nomor 2006/Pdt.G/2014/PA.Mdn diduga Pengadilan Agama Medan menunjuk dan menyidangkan perkara perdata atas permohonan warga Kabupaten Deli Serdang yang diduga adalah diluar dari hak dan kewenangan Pengadilan Agama Medan.

Perkara yang diduga bertentangan pada vide Peraturan Perundangan Nomor 7 tahun 1989 Tentang Pengadilan Agama Pasal 4 Ayat 1 yang menjadi dasar tegaknya Pengadilan Agama dalam menangani persoalan Perdata Khusus Agama Islam (LexSpecialis).

Sementara itu terpisah jum’at, (30/08/2019)  He_red selaku pelapor dugaan tersebut mengatakan, agenda panggilan selasa (27/08/1/2019) kemarin adalah perihal konfirmasi dan klarifikasi terkait aduanya, ungkap He.

“Baru berita acara pemeriksaan saja, atas surat panggilan perihal konfirmasi pengaduan yang saya lakukan kemarin” katanya menjawab media, katanya.

Menanggapi kasus ini, Pengacara Muda asal kota medan yang juga sebagai direktur Lembaga Bantuan Hukum T. Purba, SH menyampaikan tanggapan keras dan miris terhadap dugaan perilaku dan para Hakim Pengadilan Agama Medan yang mengadili perkara perdata diatas.

Pasalnya, Dugaan telahn mengetahui pemohon dan termohon bahwa perkara tersebut diluar kewenangannya.

“saya sangat menyayangkan Ketua Hakim saat itu bila benar telah menerima pendaftaran perkara perdata tersebut, dan perintahkan anggota majelisnya untuk memeriksa dan menyidangkan lalu mengadili hingga memutus suatu perkara yang disinyalir diluar wilayah hukumnya”  ungkap T. Purba.

“Semoga saja TIM bentukan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan segera mengembalikan hak-hak pelapor yang terhapus atau hilangnya atas dampak perkara itu, dan kita mendukung langkah dalam penegakan hukum ” papar Purba, sapaan akrabnya.

Direktur LBH ini siap mengawal dan memperjuangkan hingga ke tingkat pusat bila terkesan ” main mata”, jawabnya kepada Media. (G.Suka)

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *