TAKSI LISTRIK RESMI BEROPERASI DI INDONESIA

TRANSISI,- Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) lgnasius Jonan menghadiri peluncuran taksi bersumber tenaga listrik pertama di Indonesia. Taksi listrik ini dioperasikan oleh Bluebird.

Menurut Luhut, pemerintah memberikan dukungan secara nyata untuk perkembangan mobil listrik di Indonesia melalui pemberian insentif.

“Insentif kita berikan, karena kita ingin mendorong mobil listrik” katanya ketika memberi sambutan, Senin (22/4/2019). Menurutnya, perkembangan mobil listrik memiliki dampak besar terhadap kemajuan Indonesia. “Saya kepingin lihat Indonesia maju.”

Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono menyatakan, Blue Bird telah mengeluarkan modal senilai Rp 40 miliar untuk mendatangkan mobil listrik dari Inggris dan China. “Dana tersebut untuk mobil lengkap dengan stasiun pengisian dayanya,” jelasnya.

Menurut Adrianto, ada total 29 unit mobil listrik yang didatangkan, dengan rincian 25 unit merk BYD e6 A/T untuk melayani penumpang Blue Bird dan 4 unit merk Tesla Model X 75D Afr untuk pelayanan Silverbird.

“Semua (investasi) mencakup mobil dan stasiun pengisian daya. Di kantor pusat sendiri ada 11 stasiun yang rencananya akan kita tambah 2-3 lagi, dan rencananya juga bisa digunakan untuk mobil listrik yang lain,” ungkapnya. Layanan taksi listrik ini secara resmi akan melayani masyarakat mulai bulan Mei 2019.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur Blue Bird Group, Noni Purnomo mengatakan bahwa pihaknya memiliki target untuk mengoperasikan taksi listrik sejumlah 200 unit hingga 2020.

“Ini akan berkontribusi untuk mengurangi emisi CO2 sebanyak 434,095 kg atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter,” ucapnya.

Apa yang dilakukan hari ini, lanjutnya, adalah upaya dari Bluebird untuk mendorong lebih banyak lagi kendaraan umum yang memanfaatkan listrik sebagai sumber tenaganya di Indonesia. Ia pun menyatakan siap untuk bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan taksi listrik ini.( Feri-red-01)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *