Kodim 0716 Demak Sosialisasi Aturan Garjas Baru Disela Latorsar

Istimewa

TRANSISI DEMAK,– Pada kesempatan kali ini di sela-sela kegiatan Latorsar (latihan Dasar Perorangan) Kodim 0716/Demak diisi dengan kegiatan sosialisasi tentang aturan yang baru mengenai tes Kesegaran Jasmani ( Garjas ) bagi prajurit, Pjs. Pasiops Kodim 0716/Demak Kapten Inf Juwedi memimpin langsung jalannya latihan tersebut yang dilaksanakan di Alun-alun Simpang Enam Kabupaten Demak pada Selasa 15-01-2019.

Sebagai tolak ukur utama profesionalisme seorang prajurit adalah ditopang fisik yang prima, untuk itulah TNI-AD melalui Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat (Disjasad /Dis Jasmani) terus berbenah dengan melakukan penyempurnaan sistem/tolak ukur penilaian tes Kesegaran Jasmani (Garjas).

Mewakili Komandan Kodim 0716/Demak, Kapten Inf Juwedi pada kesempatan tersebut menyampaikan, untuk menyesuaikan dengan aturan yang baru maka, prajurit perlu di berikan sosialisasi dan pelatihan tentang perubahan aturan yang terjadi pada kegiatan garjas A maupun garjas B.

” Ada perubahan aturan yang perlu disampaikan kepada seluruh prajurit, pada penilaian garjas A maupun garjas B, untuk garjas A dari lari yang sebelumnya melaksanakan lari sejauh 3.200 meter sekarang berubah menjadi lari selama 12 menit, ditambah penguatan perut dan tungkai, menjadi target materi kesegaran. Sedangkan kesegaran jasmani B meliputi, lunges, standing broad jump, vertical jump, shuttle run, sit up dan scott jump,”jelas Pasiops.

Lanjutnya, dirinya berharap dengan latihan yang di berikan ini, nantinya para prajurit akan memahami dan bisa memenuhi syarat nilai Garjas untuk Usul Kenaikan Pangkat (UKP). Karena untuk nilai UKP juga ada perubahan yaitu diturunkan dari semula 61 menjadi 51, sesuai dengan golongan katagori umur masing-masing.Pendim 0716/Demak.(feri)

Share this:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *