Perempuan-perempuan Muda Indonesia Dijual Rp 400 Juta ke Cina

Jakarta, TransisiNews.com  —  Partai Solidaritas Indonesia mengaku berhasil mengungkap praktik perdagangan perempuan dari Indonesia ke Cina setelah mendapat aduan dari keluarga korban. Kebanyakan dijual seharga 400 juta Rupiah.

Berdasarkan pengakuan korban, mereka diperjualbelikan oleh calo atau agen perusahaan dengan nilai Rp 400 juta per orang,” kata Koordinator Jaringan Advokasi Rakyat PSI Muannas Alaidid di DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2019).

Muannas mengatakan informasi ratusan juta itu didapat ketika para korban meminta dipulangkan oleh suaminya di China. Korban yang dikawin paksa di China ditahan pulang ke Indonesia karena merasa sudah membeli dengan harga ratusan juta.

“Jadi 400 juta diperoleh berdasarkan informasi korban yang bertanya pada suaminya di Tiongkok. Ketika dia ingin pulang direspons, ‘kamu tuh sudah saya beli. Saya kasih agen kamu Rp 400 juta’. Jadi dia menduga dijual oleh agen itu,” lanjut Muannas.

Dia pun menilai praktik jual-beli manusia ke China ini sebagai perbuatan yang biadab. Dia meminta pemerintah ikut andil dalam pemulangan belasan WNI yang sampai saat ini masih disekap. (adz/dw)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *