Pimpinan Cakrabunananews.com Merencanakan Pergi Haji Dengan Menggoes Sepeda

Pemimpin Umum Cakrabuananews.com Ali Dzulfiqar berdiri sebelah kanan

Jakarta, Transisinews  – Pemimpin Umum media online Cakrabuananews.com yang juga Presiden Konfederasi Jurnalis Muslim Indonesia (KJMI), Ali Dzulfiqar S.M. Noorman, merencanakan menunaikan ibadah haji pada musim haji 1440 H., dengan menggoes sepeda dari kota Pontianak, Kalimantan Barat, menuju tanah suci Mekkah , Arab Saudi.

Rencananya perjalanan mulai berankat pada Desember 2018, atau bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1440 H. Menjadi momentum penting memperingati Maulid Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam.

Haji merupakan rukun Islam ke-5, ibadah khusus yang diwajibkan sekali seumur hidup bagi yang mampu melaksanakannya.

Menurut Ali Dzulfiqar, bahwa pengertian mampu dalam melaksanakan haji, jangan selalu diartikan pada kemampuan finansial yang berlebih. “Ada berbagai cara untuk melasanakannya, ada orang meskipun mempunyai kemampuan uang pas-pasan namun dengan tekad yang bulat ternyata mereka mampu melaksanakan ibadah Haji,” uajrnya.

Ia mencontohkan, seoerang Prancis bernama Salim Moumou, menggoes sepeda sejauh 4800 KM untuk mencapai kota suci Mekkah dari negaranya. Perjalanan spiritual ini, kata Salim Moumou terinspirasi dari kakeknya yang melasanakan haji dengan berjalan kaki. Dari Prancis ia menggoes sepeda melewati Belgia, Swiss lalu Italia. Dari Italia dia berlayar ke Turki dan melanjutkan perjalanan menggoes sepedanya ke Suriah, Jordania, selanjutnya memasuki Arab Saudi.

Ada juga Mohammed, seorang pria Uighur yang bersepeda empat bulan lamanya ke Arab Saudi untuk merealisasikan niatnya menunaikan ibadah haji. Ia memulai goesan sepeda dari rumahnya di Kota Xinjiang, barat laut Cina dan menempuh perjalanan sejauh 8.159 kilometer.

Dari Inggris, delapan  warga Muslim Inggris berangkat menunaikan ibadah haji dengan mengendari sepeda. Perjalanan menunaikan ibadah haji, bertolak dari masjid di London timur Jumat (14/07/17), menempuh waktu selama lima pekan dan melewati 10 negara. Dalam perjalanan ini, mereka melakukan tiga kali penyeberangan dengan ferry, termasuk dari Inggris ke Prancis, Italia ke Yunani dan Mesir ke Arab Saudi.

“Itulah beragam fakta unik dalam perjalanan haji, dan dari fakta-fakta di atas telah menginspirasi kami untuk melakukan hal serupa, ujar Ali Dzulfiqar menambahkan.

Adapun rute perjalanan yang akan dilewati yaitu sebagai berikut;

dari kota Pontianak, menuju Batam menyeberang ke Singapura diteruskan ke Kuala Lumpur, Perak Kedah, (Malaysia) Pataya, Surat Thani, Chumphon, Prachuar Khiri Khan, Phetchaburi Bangkok (Thailand) – Mawlamyine, Yangoon, Naypyidaw, Mandalay, Monywa, Kampat (Myanmar) – Dhaka (Bangladesh) New Delhi, Jaipur, Jodhpur, Munabao (India) –  Khokhropar, Umarkot, Haideabad, Karachi (Pakistan) –  Dubai, Abu Dhabi, (UEA) – Riyadh – Makkah (Arab Saudi).

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *