Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Rumah Warga di Taput Ludes Dilalap Api

Rumah Warga di Taput Ludes Dilalap Api

(22 Views) Juni 3, 2020 9:19 pm | Published by | No comment

TransisiNews.com Transisi Utara– Dua unit rumah warga di Desa Sitolu Bahal Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara rata dengan tanah akibat dilalap api pada Rabu, 3 Juni 2020.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Bonggas Pasaribu saat diwawancara Taransisi, mengatakan, diperkirakan kerugian materi yang dialami korban senilai 100 juta rupiah.

“Ya pemilik rumah atas A Simamora dan T Simbolon. Kami perkirakan kerugian seratus juta rupiah. Satpol PP dibantu TNI Polri sudah lakukan evakuasi saat ini, ” kata Bonggas pada Rabu, 3 Juni 2020.

Annum Sitompul, keluarga pemilik rumah semi permanen itu saat diwawancara Tagar membenarkan kebakaran berlangsung pada pukul 09.30 wib.

Dikatakan, sesaat kejadian dirinya bersama ibunya boru Simamora sedang berada di ladang yang jaraknya cukup jauh.

Sementara kakaknya yang menempati rumah persis disamping rumah ibunya, sedang pergi mencuci pakaian.

“Saat saya dan ibu tiba di rumah, kami melihat rumah sudah habis terbakar dan tak sempat menyelamatkan barang-barang,” terang Annum Sitompul lewat telepin seluler.

Dia menyebut bahwa rumah yang ditempati bersama sang ibu boru Simamora bersebelahan dengan rumah yang ditempati oleh kakaknya.

Seisi rumah dan barang-barang ludes semua terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

“Semua ludes barang kami, ” jelas Annum.

Kronologi Kejadian Versi Polisi

Sementara informasi dari Kepolisian Resort Tapanuli Utara melalui Kepala Sub Bagian Humas, Aiptu Walfon Barimbing menyebu asal muasal api adalah dari percikan mancis yang sedang dimainkan seorang anak di rumah tersebut.

“Anak main mancis di rumah , ibu sedang asyik mencuci kain, akhirnya 2 unit rumah ludes terbakar,” kata Barimbing kepada Transisi News.

Dijelaskan, bocah itu merupakan anak dari pemilik salah satu rumah yang hangus dilalap sijago merah pagi itu.

“Saat kejadian , anak dari TS yaitu Aisyah 4 tahun asyik main-main di dalam kamar rumah, sedangkan ibunya Sridiana Sitompul sedang mencuci kain di kamar mandi. Saat ibu nya mencuci kain, Aisya membakar-bakar di dalam kamar dengan menggunakan mancis,” kata Walfon Barimbing.

Satpol PP dibantu TNI Polri bantu pemadaman kebakaran dua unit rumah warga di Desa Sitolu Bahal Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara rata dengan tanah akibat dilalap api pada Rabu, 3 Juni 2020. (Foto: TransisiNews)

Saat itu duduga mancis menyambar kain yang ada di kamar, api pun membesar. Namun saat api mulai besar, sang anak keluar dari kamar dan melaporkan kepada ibunya di kamar mandi. Ibunya langsung lari dari kamar mandi membawa air, namun api sudah semakin membesar.

“Lalu ibu nya keluar dari rumah membawa anak nya keluar sambil menjerit minta tolong. Saat ibu nya minta tolong ke sesama warga, warga pun berdatangan namun tidak adalagi yang mampu di perbuat,” katanya. (JM )

Categorised in: ,

Comment