Transisi News- Sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, selain berfungsi ,mengawasi pelaksanaan norma dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN, KASN juga berfungsi mengawasi penerapan Sistem Merit dalam kebijakan dan Manajemen ASN pada Instansi Pemerintah. Dalam rangka melaksanakan fungsinya tersebut, Pada hari Kamis (18/6/20) KASN melalui Kelompok Kerja Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I, menyelenggarakan Diskusi dan Audiensi Nasional tentang “Kebijakan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Instansi Pemerintah”.

Acara ini terselenggara berkat kerja sama antara KASN dan Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin. Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui media video conference ini diikuti dan dibuka langsung oleh Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala Kantor Regional VIII Banjarmasin, Bapak Ramdhani.
Dalam kegiatan ini Anggota KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah 1, Sri Hadiati Wara Kustriani, MBA memberikan pemaparan dengan tema “Kebijakan Penerapan Sistem Merit: Peran PPK dan Pyb dalam Penerapan Sistem Merit di Instansi Pemerintah”.

Pemaparan dilanjutkan oleh Asisten KASN Bidang Pengawasan Penerapan Sistem Merit Wilayah I, Septiana Dwiputrianti, Ph.D yang memaparkan mengenai “Tata Cara Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit”.

Dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Ir. H.M Sabani dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Abdul Haris, M.Si, menyampaikan testimoni mengenai penilaian mandiri yang telah dilakukan.

Acara audiensi diakhiri dengan tanya jawab yang cukup dinamis dari seluruh peserta. Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah para Sekretaris Daerah, Inspektur dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan seluruh instansi pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten dan Kota) di wilayah Kerja Kanreg VIII BKN Banjarmasin.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin komitmen Instansi Pemerintah Daerah dalam melakukan strategi percepatan penilaian mandiri penerapan sistem merit dalam manajemen ASN melalui aplikasi SIPINTER (Sistem Informasi Penerapan Sistem Merit). Hal ini sesuai amanat dari Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024. Peraturan tersebut menjelaskan bahwa Sistem Merit ditetapkan sebagai Program Prioritas Nasional yang harus dilaksanakan oleh Kementerian atau redred)Lemb dan Daerah. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 90 peserta baik dari lingkungan instansi pemerintah daerah, KASN, dan juga tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dari KPK.

(Red)

Kiriman serupa

Comment