Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Penanganan Covid-19, Bupati Taput Nikson Nababan Anggarkan RP. 45 Miliar

Penanganan Covid-19, Bupati Taput Nikson Nababan Anggarkan RP. 45 Miliar

(13 Views) April 8, 2020 4:08 pm | Published by | No comment

Transisinews.com, Taput- “Tadi sudah teleconfrens, ada KPK, ada BPK, ada Mendagri ada LKPP, semua ada. Disitu jelas instruksi, tidak ada lagi perlu regulasi -regulasi. Yang harus dilakukan Pemda, segera recofusing anggaran. lalukan yang terbaik menjaga rakyat” ujar Drs.Nikson Nababan saat konfrensi pers Rabu, 08/4/2020.

Hal itu dikatakan Bupati Tapanuli utara(Taput) Drs.Nikson nababan sebagai gambaran wewenang Pemda dalam recofusing anggaran dalam penanganan Pamdemi Covid-19.

Nikson yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kab.Tapanuli Utara mengatakan, Ada sekitar Rp.45M anggaran yang akan digunakan untuk penanganan ataupun penanggulangan pandemi Covid-19 di Kab.Tapanuli Utara(Taput).

Dalam pengalokasian anggaran tersebut menurutnya, Ada dua sistim pengalokasian anggaran yang akan ditempuh untuk mendapatkan anggaran penanganan pandemi Covid-19 di Kab.Taput.

“Yang jelasnya ada dua, satu saya kerjakan yang namanya realokasi, dan yang kedua recofusing anggaran” papar Nikson.

Dijelaskan, ada sejumlah anggaran yang akan di Realokasi dari setiap Organisasi Perangkat Daerah(OPD) seperti belanja barang jasa, Juga anggaran perjalanan dinas,kunjungan kunjungan serta Bimbingan tehnik(Bimtek) tidak ada lagi selama 3 bulan ini.

Dan dari Realokasi sejumlah anggaran tersebut menurut Bupati nantinya bisa mengumpulkan anggaran sekitar Rp.20M lebih untuk penanganan Pandemi Covid-19.

Sedangkan untuk Recofusing lanjutnya, berasal dari Dana Alokasi Umum(DAU), sebab Dana Alokasi Khusus(DAK) sudah ditahan dan tidak bisa di Recofusing. Dari Recofusing juga bisa didapatkan anggaran sekitar Rp. 20M lebih.

“Ya sekitar kisaran 45 miliar atau 40 miliar kita perkirakan” beber Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Lebih jauh Nikson juga menyatakan bahwa sesuai dengan Instruksi Mendagri, Menteri desa dan Menkeu. Dana desa bisa di recofusing untuk penanggulangan Covid-19

Sebab menurut Drs. Nikson Nababan, kalau hanya APBD Kabupaten Taput yang digunakan menangani Covid-19 sampai ke desa, maka Kab.Taput bisa colaps dalam satu bulan.

Saat ini Taput masih kondisi(Zona) hijau. Dan sesuai update terakhir Selasa, (7/4/2020) Data Pantauan Covid-19 Kab Taput, ODP sebanyak 94 orang, PDP ada satu orang dan Positif nol.

(Maju simanungkalit)

Categorised in: , ,

Comment