Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Pemkab Taput Siapkan Rp. 35 Milar dari Rencana 45 Milar

Pemkab Taput Siapkan Rp. 35 Milar dari Rencana 45 Milar

(27 Views) April 24, 2020 11:35 pm | Published by | No comment

TransisiNews.com, Taput- Ada perubahan anggaran percepatan penanggulangan Covid-19 di Kab Tapanuli Utara(Taput),Sumut. Dari sebelumnya sesuai pernyataan Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan sekitar Rp. 45Miliar sekarang menjadi Rp.35 Miliar.

Kenyataan itu digambarkan Indra Simaremare Sekretaris Daerah(Sekda) Kab.Taput kepada awak media saat jumpa pers di balai data kantor Bupati jumat,(24/4/2020) didampingi Kepala kejaksaan negeri (Kejari) Taput.

“Dari anggaran Rp.45M yang kita siapkan, ada tekanan itu, perintah untuk penyesuaian” ujar Indra simare mare.

Dijelaskan juga kemungkinannya anggaran percepatan
penanggulangan Covid-19 di Kab.Taput akan bertambah, tergantung masalah yang dihadapi.

Sementara, terkait pemotongan anggaran APBD Kab.Taput dalam rangka penanggulangan Covid-19 Indra memaparkan ada sekitar Rp.200M.

Menurut Indra, Itu dari berbagai anggaran. Semisal Dana Alokasi Khusus(DAK), Dana Alokasi Umum(DAK), dana transfer dari pusat dan tidak ketinggalan juga dari Dana Desa.

“APBD harus dipotong sesuai penyesuaian satu, disampaikan disitu. Dana desa dipotong 30%, DAU dipotong 10%, DAK dipotong 25%, bla.bla.bla, ada ketentuan disitu. Itulah yang disampaikan itu kurang lebih Rp.200M” beber Indra Simaremare.

Dalam kesempatan yang sama, Kejari Taput Tatang darmi mengatakan, Dalam ke-daruratan ada perubahan-perubahan  semisal harga sesuai dengan peraturan ke-daruratan.

“Dan sudah sesuai dengan aturan aturan kedaruratan, karena dalam kedaruratan ada perobahan perobahan harga” ujar Kejari.

Ditambahkan juga dalam penggunaan anggaran ada hal aturan yang tidak berlaku, karena sudah kategori bencana nasional dengan prioritas menyelamatkan manusia.

Tidak lupa Tatang Darmi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Taput yang telah menunjuk kejaksaan negeri Taput sebagai pengacara negara.

“Jadi kita mengucapkan terima kasih kepada Pemkab,telah menunjuk jaksa sebagai pengacara negara.

Sebelumnya Bupati Taput Drs.Nikson nababan kepada awak media Rabu,(8/4/2020) menyebutkan, ada sekitar Rp.45 Miliar yang dianggarkan dalam penanganan Covid-19.

” Ya sekitar kisaran Rp.40M atau Rp.45M kita perkirakan”ujar Nikson.

Dimana menurut Bupati, anggaran Rp.45M diperoleh dari Realokasi dari setiap Organisasi Perangkat Daerah(OPD) dan Refocusing anggaran yang berasal dari DAK dan DAU

“Yang jelas ada dua, satu saya kerjakan yang namanya relokasi, dan kedua refocusing anggaran” Jelas Bupati Taput yang juga ketua Gugus Tugas penanggulangan Covid-19.

(Maju simanungkalit)

Comment