TransisiNews.com- Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Ditengah Pandemik Penyebaran Covid-19 ini, Mata merupakan salah satu panca indera manusia dan Mata merupakan indera untuk penglihatan yang sangat rentan terkena virus. Karena tanpa mata bisa terkena virus cairan atau fluenza dari manusia lain yang tidak kita kenal kesehatan manusia yang kita jumpai. Selain mata juga berfungsi untuk dapat melihat benda-benda yang ada di dunia ini, untuk itu terus jaga dan rawat organ Mata anda, tegas dokter Spesialis Mata yang juga dikenal ramah ini. Jelas Vokalis New Golden Band saat ditemui di rumah sakit, dibilangan Kelapa Gading Jakarta Utara. Jumat, 12 Juni 2020.

Lebih jauh Dokter Ferdinand menegaskan, bahwa Mata adalah penerangan, dimana seluruh aktivitas, fungsi mata memiliki peranan yang sangat penting, apapun juga mata memiliki peranan secara naluri dan lahiriah, tegasnya.

Dokter Ferdinand bahwa saat ini dengan perubahan iklim dan di tengah pandemi Covid-19, juga menegaskan mata memiliki dampak pada kesehatan yang sangat vital, karena radiasi panas matahari yang tinggi bisa mengakibatkan kelainan mata dalam jangka panjang, juga polusi udara dengan tingginya polusi knalpot kendaraan bisa mengakibatkan kerusakan ratinopati mata serta kelainan-kelainan akibat polusi dan tentunya virus Corona.

Pola hidup seperti konsumsi makanan mengandung bahan pengawet dan mengandung pewarna, seperti makanan-makanan kaleng, juga bisa berdampak serius pada fungsi mata.

Sakit mata juga terjadi, karena banyaknya kotoran mata, gatal-gatal dan rasa pedih atau terbakar pada mata, biasanya disebabkan oleh infeksi mata baik oleh virus ataupun bakteri. Kondisi ini disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis atau sakit mata adalah salah satu infeksi mata yang paling umum, yang diserang adalah konjungtiva, yakni selaput tipis yang menyelimuti bola mata dan kelopak mata.

Gejala khas dari konjungtivitis adalah mata berair, gatal-gatal, dan biasanya akan terbentuk banyak kotoran mata yang sering terlihat pada bulu mata dan sudut mata.

Blepharitis atau peradangan pada kelopak mata juga merupakan salah satu penyebab mata pedih, merah dan gatal. Disamping itu terdapat pula mata bengkak, juga terkadang terlihat adanya sisik-sisik atau ketombe pada bulu mata.

Anak-anak juga harus dijaga, jangan sampai terjadi Cedera Mata, hal tersebut bisa terjadi pada setiap bagian mata yang terjadi saat bekerja, bermain, atau berolahraga, juga dapat menyebabkan mata berair dan pedih. Ini adalah alasan mengapa memakai kacamata pelindung dianggap sangat penting ketika melakukan kegiatan tersebut.

Kuku anak juga harus dijaga, kuku yang tajam juga dapat mengakibatkan cedera mata jika mengucek mata dengannya atau pada saat memakai lensa kontak.

Disebabkan Penyakit mata juga terjadi karena gangguan optik mata, Photoreceptor kecil pada retina (permukaan bagian dalam di belakang mata) merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal kepada saraf mata. Saraf mata membawa sinyal menuju otak.

Penyebab umum kerusakan saraf mata adalah tumor pada kelenjar pituitary yang menekan pada saraf tersebut.

Kedua saraf mata membawa sinyal dari mata menuju bagian belakang otak. Pada struktur di otak disebut optic chiasm, setiap saraf membelah, dan separuhnya serat yang melintang di atas sisi lainnya.

Karena susunan anatomi ini, kerusakan sepanjang saluran saraf mata menyebabkan pola khusus pada kehilangan penglihatan. Dengan memahami pola pada penglihatan yang hilang.

Untuk itu juga merasakan keluhan mata, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter, datang ke Klinik atau Puskesmas, kalau di pedesaan bisa konsultasi dengan Perawat atau Mantri Kesehatan, langkah-langkah penyembuhan harus segara dilakukan agar tidak semakin parah, papar Dr Ferdinand F Tumewu, Spm. Disamping itu dr. Ferdinand Tumewu SpM ini juga sering manggung dalam dan luar kota dan mancanegara. (Agus)

Kiriman serupa

Comment