Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Taput, Diharapkan Jujur Terkait Warga Positif Corona

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Taput, Diharapkan Jujur Terkait Warga Positif Corona

(13 Views) April 16, 2020 7:21 pm | Published by | No comment

Trransisinews.com, Taput-Ketua DPC Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia(GAMKI) Kab.Tapanuli Utara Rijon Manalu mengharapkan Gugus tugas penanggulangan Covid-19 dalam mengeluarkan Statement lebih hati hati untuk menjaga kekondusifan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Rijon kamis(16/4/2020) menanggapi kabar adanya dua warga Kab.Tapanuli Utara (Taput) yang diduga positif Covid-19 setelah di Rapid Test.

“Ada baiknya Gugus tugas penanganan Covid-19 agar lebih hati hati dalam mengeluarkan statement terkait covid-19, supaya masyarakat tidak panik” urai Rijon manalu.

Menurut Rijon, terkait dugaan adanya warga Tapanuli Utara terpapar Covid-19 setelah rapid test telah menimbulkan kegelisahan bagi warga Taput khususnya Kec. Sipoholon.

Berbagai sumber menyebutkan sudah positif Covid-19 dan ada yang mengabarkan belum pasti. sehingga kekawatiran warga meningkat, sambungnya.

Padahal sepengetahuan Rijon, untuk memastikan seseorang positif terpapar Covid-19 tidak hanya sebatas Rapid test. Masih ada lagi pemeriksaan lanjutan.

Untuk itu Rijon menyarankan, dalam mengeluarkan Statement ke publik melalui media. Gugus tugas penanganan Covid-19 harus jujur, lugas, tegas dan update, khususnya melalui media.

“Intinya Gugus tugas dalam memberi informasi ke publik melalui media harus jujur, lugas, tegas dan update” papar Rijon.

Namun terlepas dari berbagai pemberitaan itu, Rijon mengatakan bahwa hal yang perlu dimaksimalkan adalah kesiapan dari RSU Tarutung. Sebab Rumah sakit tersebut adalah Rujukan bagi sejumlah Kabupaten dalam penanganan Covid-19.

Selain fasilitas yang harus memadai dan kelengkapan obat obatan. RSU ini harus dilengkapi tenaga medis yang terlatih, APD yang layak untuk mendukung kesiapan mental dari petugas dalam menangani pasien Covid-19, lanjutnya.

Disisi lain, ketua DPC GAMKI ini mengharapkan Bupati Taput dan Bupati/Walikota se Tapanuli raya untuk saling koordinasi dalam penanggulangan Covid-19. Jauhkan sikap egoisme, setiap kebijakan harus tulus ,murni bagi kemanusian dan jangan ada muatan politis.

Terakhir Rijon juga menyarankan agar masyarakat jangan mudah panik menganalisa pemberitaan, tenang dan ikuti instruksi pemerintah dengan pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak dalam interaksi.

Dan kalaupun ada hal terburuk, janganlah masyarakat membuat pengucilan ke yang terpapar. Bahkan kalau bisa saling membantu warga yang terpapar tersebut dalam hal penyediaan kebutuhan, ujar Rijon.

Sebelumnya dr Janri Nababan, MM Direktur RSU Tarutung kepada TransisiNews.com, hasil Rapid test positif bukanlah menjadi kepastian seseorang itu terpapar Covid-19.
Bisa saja itu virus flu, pilek atau batuk biasa.

Disebutkan Rapid test positif adalah ketika ada peningkatan atau pembentukan antibody dalam tubuh seseorang akibat terpapar virus. Namun itu belum berarti virus Covid-19.

“Kita akui, bisa saja itu virus flu,pilek atau batuk biasa” terang Janri Nababan.

(Maju simanungkalit)

Categorised in: , ,

Comment