TransisiNews.com Taput- Bupati Tapanuli Utara(Taput), Drs.Nikson Nababan MSi dua kali mengungkapkan keinginannya agar laboratorium penanganan Covid-19 ada di Rumah sakit Tarutung. Sabtu(2/5/2020). Sebelumnya Nikson telah mengungkapkan keinginannya itu disela-sela  menerima bantuan berupa APD dari PT. Toba Pulp Lestari(TPL).

Digambarkan dalam hal ini, Rumah sakit Tarutung masih kekurangan fasilitas. seperti alat Swab atau Polymerase Chain Reaction(PCR) juga Laboratorium. Dan diharapkan pihak PT.TPL bisa membantu.

“Dan kita masih sangat kurang adalah alat swab, tadi sudah saya minta ke TPL agar ini bisa diberi bantuan kepada kita. Dan juga kalau bisa dibantu kita,laboratorium”,ungkap Nikson

Dijelaskan, ketika Laboratorium itu ada. Hasil Swab tidak perlu lagi dikirim ke Medan, Rumah sakit Khusus. Menurutnya hasil Swab, sudah bisa si Analisa langsung di Rumah sakit Tarutung, setelah hasilnya keluar maka bisa langsung diumumkan apakah pasien itu terpapar covid-19 atau tidak.

Sebelumnya, Nikson juga mendesak Pemerintah Pusat melengkapi Fasilitas RSU Tarutung. Sebab Rumah sakit tersebut merupakan Rumah sakit rujukan untuk melayani pasien yang terpapar Covid-19 dari sejumlah kabupaten.

Statment itu ditegaskan Bupati Taput saat menerima bantuan 3 ton beras dari Perusahaan yang sama yakni PT.TPL pada Rabu(29/4/2020) dipelataran kantor Bupati.

“Saya mendesak Pemerintah pusat untuk melengkapi alat test Swab Covid-19, saya mendesak agar ada Laboratorium Covid-19 ada di Tarutung. Karena kita rujukan, kalau tidak cabut itu sebagai rujukan” tegas Nikson Nababan.

Dan permintaan itupun juga diutarakan Bupati Taput kepihak TPL, agar kiranya mau membantu menyediakan alat test Swab juga rapid test selain beras.

Menanggapi permintaan Bupati Taput, Pihak PT.TPL melalui Sosial Capital Head Yusuf wibisono saat itu menyebutkan,untuk alat Swab masih susah. Sementara yang bisa dibantu masih Alat Pelindung Diri(APD)

“Yang kita usahakan APD dulu, termasuk APD tingkat 3 ” ujar Yusuf Wibisono hari Rabu,(29/4/2020).

Sedangkan untuk peralatan penanganan Covid-19 lainnya, seperti Alat test Swab belum dapat informasi. Akan tetapi Pihak TPL dikatakan Yusuf akan mengusahakannya.

Hampir senada dengan Yusuf wibisono, Deputy Sosial Capital Head PT TPL Janres silalahi saat menyerahkan bantuan APD mengatakan, terkait permintaan Bupati Taput akan koordinasi dulu sesuai dengan kemampuan perusahaan. Sabtu, 02 April 2020.

“Kita akan koordinasi dulu, nanti kita akan lihat seperti apa. Karena perusahaan juga akan melihat segala kemungkinan, sesuai dengan kemampuannya tentunya” Jelas Janres.

Sementara bantuan yang diserahkan PT TPL saat ini adalah APD berupa, masker 14.000pcs, sarung tangan karet 12.000pcs,pakaian pelindung 1.250pcs, pakaian pelindung ICU 65psc dan kacamata medis 50pcs.

Bupati didampingi Kadis Kesehatan Taput Alexander gultom, saat menerima bantuan APD itu di Rumah dinas menyebutkan, nantinya bantuan itu akan didistribusikan langsung ke Rumah sakit, Puskesmas, Posko posko dan masyarakat.

“Bantuan ini akan langsung kami distribusikan pada Rumah sakit, Puskesmas, Posko posko dan sekaligus juga masyarakat Taput” terang Nikson nababan.

Selain itu Bupati Taput Drs. Nikson Nababan juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak TPL atas segala bantuan yang diberikan kepada Pemkab Taput dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Sekali lagi atas nama pemerintah Kab. Tapanuli Utara dan masyarakat Tapanuli Utara, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak TPL, kiranya bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Tapanuli Utara” pungkas Bupati.

(Maju simanungkalit)

Kiriman serupa

Comment