Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Nasional » 5 Lembaga, Kampanye Publik dan Deklarasi Netralitas ASN Terkait Pilkada

5 Lembaga, Kampanye Publik dan Deklarasi Netralitas ASN Terkait Pilkada

(78 Views) Maret 8, 2020 9:22 pm | Published by | No comment

TransisiNews.com, Makassar–  Tahun 2020 akan dilangsungkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 270 Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sebagai langkah penguatan netralitas ASN pada Pilkada Serentak tersebut, KASN bekerjasama dengan Bawaslu, Kemendagri, KemenPANRB, dan BKN menggelar Kampanye Publik dan Deklarasi Netralitas ASN pada Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan tema “ASN Netral, Birokasi Kuat dan Mandiri”. Rangkaian kegiatan bertempat di area Car Free Day Jl. Boulevard, Kota Makassar. Minggu, 8 Maret 2020.

“Netralitas ASN akan kembali diuji dalam gelaran pemilihan pimpinan daerah 2020, yang apabila tidak disikapi dengan tepat melalui langkah-langkah pencegahan serta penindakan yang tegas, bisa jadi pelanggaran netralitas ASN akan terus bertambah” ujar Agus Pramusinto selaku Ketua KASN.

Kegiatan Kampanye Publik tersebut  dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2020 Pukul 06.00 s/d 10.00 WITA. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan mendorong ASN, masyarakat, media dan pemangku kepentingan lainnya, agar ASN bersikap netral dalam Pilkada 2020.

Diharapkan mereka dapat menjadi social control dalam menjaga netralitas ASN. Agus Pramusinto menjelaskan bahwa KASN setiap tahun menerima banyak pengaduan pelanggaran netralitas ASN.

Pada tahun 2018 terdapat 508 laporan pengaduan, dengan total ASN yang terlibat sebanyak 985 orang, dan pada tahun 2019 yang lalu terdapat 386 laporan pengaduan dengan total ASN yang terlibat sebanyak 528 orang. “Ke depan kita harus awasi betul pelanggaran netralitas ASN, dimana kuncinya adalah melalui kegiatan pencegahan dan berkolaborasi dengan lembaga mitra terkait”, tambah Agus.

Kegiatan kampanye publik Netralitas ASN ini diikuti lebih dari 350 peserta yang terdiri dari perwakilan Pegawai Komisi ASN, Pegawai Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Bawaslu Kota Makassar, Perwakilan Kanreg IV BKN Makassar, Perwakilan Kanreg III BKN Bandung, Kemendagri, Kemen PANRB, ASN, dari Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkot Makassar serta perwakilan dari beberapa NGO seperti Pattiro, FITRA, Yappika dan KPPOD. Adapun rangkaian kegiatan kampanye publik di area CFD dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Jalan santai/sehat (rute seputar are CFD)
2. Freeze Mob “ASN Netral, Birokrasi Kuat dan Mandiri”
3. Pembagian stiker netralitas ASN;
4. Orasi tentang pentingnya Netralitas ASN dalam mewujudkan “Birokrasi Kuat dan Mandiri”.
5. Deklarasi dan penandatanganan pengawasan Netralitas ASN bersama masyarakat.

KASN mengajak masyarakat untuk menyaksikan dan turut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye publik di lokasi Car Free Day tersebut. “Kami berharap Gerakan Netralitas ASN pada Pilkada 2020 membawa dampak positif untuk terwujudnya birokrasi yang kuat, mandiri dan bebas intervensi politik”, kata Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain kegiatan Kampanye Publik, KASN juga menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penguatan Pengawasan Netralitas ASN dan Percepatan Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku ASN. Peserta Rakor adalah Para Sekretaris Daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), Kepala BKD/BPSDM (Provinsi, Kabupaten/Kota), dan Ketua Bawaslu (Provinsi, Kabupaten/Kota) yang akan menyelenggarakan Pilkada dalam wilayah regional Kanreg IV BKN Makassar (Provinsi Sulsel, Sultra, Sulteng, Sulbar, dan Maluku), dan Kanreg III BKN Bandung (Provinsi Jabar dan Banten). Rakor ini untuk meningkatkan kolaborasi dan keterpaduan pemangku kepentingan pengawasan Pilkada Serentak 2020.

Kegiatan berikutnya dilaksanakan pada hari Senin, 9 Maret 2020 bertempat di Hotel Arya Duta, Kota Makassar.

Disamping Kota Makassar, KASN juga menyelenggarakan seri kegiatan Kampanye Publik dan Rapat Koordinasi di 3 wilayah lainnya yaitu Denpasar, Medan, dan Surabaya. Kegiatan akan diikuti seluruh peserta dari 270 daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak tahun 2020. (kasn/red).

Comment